Monday, October 9, 2017

Sistem Informasi Geografis

Soal.
1. Review daerah masing-masing membandingkan 2 layer memakai google earth
Jadi saya mereview desa leilem dimana desa itu merupakan desa yang saya tinggali. Dengan  pengamatan, bahwa perubahan yang terjadi di desa saya dari tahun 2003 sampai 2014 yaitu sudah menjadi desa yang semakin tahun , pertambahan penduduk pun semakin banyak menyebabkan daerah di desa Leilem semakin meluas dan dapat diamati bahwa daerah pemukiman semakin meluas dan semakin padat.
    Desa Leilem 2003

    Desa Leilem 2014
                                      

2. Review tentang aplikasi webgis.

Penjelasan Webgis

Webgis merupakan sebuah aplikasi GIS atau pemetaan digital yang menggunakan jaringan internet sebagai media komunikasi, yang berfungsi mendistribusikan, mempublikasikan, mengintegrasikan, mengkomunikasikan dan menyediakan informasi dalam bentuk teks, peta dan digital serta menjalankan fungsi-fungsi analisis dan query yang terkait dengan GIS menggunakan jaringan internet

Contoh webgis yaitu http://webgis.tangerangkota.go.id/ 
Pada contoh webgis ini menunjukkan bahwa pada web ini sudah ada pemetaan daerah-daerah masing-masing yang berada di kota tangerang dan web ini menyediakan informasi . Banyak informasi yang bisa didapatkan dan mempermudah kita pada saat mencari informasi tentang kota tangerang. Seperti pada contoh di peta webgis ini, jika kita ingin mencari titik-titik tempat SPBU berada. itu merupakan salah satu contoh. Ada banyak sekali informasi yang bisa didapatkan.


3. Pelajari polygon, polyline, point dari youtube. Printscreen output polygon, polyline, point yang dibuat di QGIS.

Saya membuat contoh  polygon sederhana yaitu bentuk segitiga, untuk polyline saya membuat garis jalan sederhana, dan sebuah point atau titik sederhana juga seperti pada screenshoot. 




  Sumber : http://webgis.tangerangkota.go.id/ 

Tugas 6

No comments:

Post a Comment