Thursday, September 14, 2017

Data Spasial & Data Atribut



Review Data Spasial & Data Atribut

Data Spasial merupakan data yang berkaitan dengan lokasi keruangan yang pada umumnya berbentuk peta. Penyajian data spasial mempunyai tiga cara dasar yaitu dalam bentuk titik, bentuk garis(line) dan bentuk area(polygon).

Struktur data spasial dibagi menjadi 2 model yaitu data raster dan model data vektor. 

Model data raster menampilkan, menempatkan dan menyimpan data spasial dengan menggunakan struktur matriks atau piksel-pikse yang membentuk kotak segi empat(grid)/sel, sehingga terbentuk suatu ruang yang teratur. 

Model data vektor adalah data yang direkam dalam bentuk koordinat titik yang menampilkan , menempatkan dan menyimpan data spasial dengan menggunakan titik, garis atau area(polygon) beserta atribut-atributnya. Data spasial pada skripsi ini yaitu data spasial kawasan hutan parung panjang yang didapatkan di unit III perum perhutani bandung.

Data Atribut merupakan data tabel yang berfungsi menjelaskan keberadaan berbagai objek sebagai data spasial. Seperti batas wilayah, jenis tanah, curah hujan dsb. Data atribut dan data spasial memerlukan suatu sinkronasi agar data yang dihasilkan akurat sesuai dengan keadaan keruangan pada saat itu.


Tugas 4

Sumber: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1061/1/MOHAMMAD%20ARIEF%20PUTRANTO-FST.PDF

No comments:

Post a Comment