Wednesday, September 6, 2017

Sistem Informasi Geografis

Konsep Dasar SIG

1. Data SIG terdiri dari 2 data yaitu data tabular(table) dan data grafis (image). Data tersebut bisa   diperoleh dengan berbagai cara contoh dari hasil survey dan dari bidang penginderaan(remote sensing) sehingga bisa didapatkan bentuk dan data dari objek, kejadian(fenomena, atau area yang diamati dipermukaan bumi.

2.Data SIG bukan hanya berbentuk digital tapi juga ada yang berbentuk analog. Contohnya (printed map). Data analog tidak bisa langsung digunakan atau dikelola dalam analisis GIS karena harus di ubah terlebih dahulu kedalam bentuk digital. Cara mengubahnya yaitu contoh bisa diubah dengan cara (digitazing).

3. Sebelum dianalisi maka harus ditentukan dahulu jenis data dan parameter-parameter pengaruhnya.

4. Seperti yang sudah dibahas di atas jika ada data analog maka harus terlebih dahulu diubah menjadi data digital agar bisa dikelola.

5. Koordinat. Koordinat merupakan hal yang membedaan objek gambar dengan objek pada data.

6.Simbol, Garis, Warna. Penyajian data geografis disajikan di atas peta menggunakan 2 hal tersebut.


Komponen SIG
    SIG merupakan sistem kompleks yang biasanya terintegrasi dengan lingkungan sistem-sistem komputer yang lain dalam tingkat fungsional dan jaringan. SIG terdiri dari beberapa komponen yaitu:

1. Perangkat Keras : Perangkat keras yang digunakan dalam SIG adalah komputer(PC), mouse, digitizer, printer, plotter,  dan scanner.

2. Perangkat Lunak : Perangkat lunak SIG menyediakan fungsi untuk masukan, menyimpan, menganalisis dan menampilkan data dalam bentuk geografis. Yang biasa digunakan adalah Arcview, Map Info, Erdas.

3. Data dan Informasi Geograsi : SIG dapat mengumpulkan dan menyimpan data yang diperlukan. Data Geografis dapat juga diperoleh dengan membelinya dari penyedia jasa peta seperti Bakosurtanal.

4. Manajemen (SDM) : Hal ini sangat dibutuhkan karena proyek SIG akan berhasil jika dikelola dan dikerjakan oleh orang-orang yang memiliki keahlian yang tepat pada semua tingkatan.

Komponen SIG

Tugas 3

Sumber : http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/860/1/95032-ADEN%20SIHABUDIN-FST.pdf






No comments:

Post a Comment