Monday, February 13, 2017

More Know About Tokopedia



Produk Yang di Jual di Tokopedia
·                     Pakaian
·                     Fashion & Aksesoris
·                     Kecantikan
·                     Kesehatan
·                     Rumah Tangga
·                     Dapur
·                     Perawatan Bayi
·                     Handphone & Tablet
·                     Laptop & Aksesoris
·                     Komputer & Aksesoris
·                     Elektronik
·                     Kamera, Foto & Video
·                     Otomotif
·                     Olahraga
·                     Office & Stationery
·                     Souvenir, Kado & Hadiah
·                     Mainan & Hobi
·                     Makanan & Minuman
·                     Buku
·                     Software
·                     Film, Musik & Game

 Struktur Organisasi
Industry Analysis
1.      Political & Regulation
Bambang Tjahjono, Direktur Keamanan Komunikasi Kemkominfo mengatakan bahwa PP PSTE ini mengatur hal yang luas, mulai dari sistem elektronik, agen elektronik, sertifikasi hingga nama domain. Pengaturan ini meliputi orangnya, bisnis model dan teknologi yang digunakan baik software maupun hardware. Kemendag juga sedang menggodok draft Rencangan PP mengenai Penyelenggaraan Perdagangan E-Commerce yang mana nantinya penyelenggara perdagangan online yang mengelola sendiri websitenya harus mendaftar di kemendag. Sementara itu, pedagang yang tergabung dalam jaringan e-commerce seperti Tokopedia atau Multiply tidak perlu mendaftar, karena penyelenggara e-commerce itu yang memiliki kewajiban mendaftar.

2.      Economic & Demographic
Karena website tokopedia.com ini berbasis e-commerce sehingga banyak sekali kegiatan ekonomi yang terjadi, baik dari tokopedia sendiri maupun pengujung terdaftar. Tokopedia sendiri memiliki pendapatan yang bersumber dari iklan dan akun berbayar (gold merchant).Penjual ini sangat merasakan manfaatnya, karena pengunjung website tokopedia ini hanya melakukan 2 aktivitas,  jual dan  beli. Hanya dengan memasang foto produk dan deskripsi, iklanpun terpasang di tokopedia. Untuk pembeli, dengan menggunakan web tokopedia beserta fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, memudahkan pembeli untuk mencari produk atau barang yang akan dan sedang mereka butuhkan.

3.     Social & Culture
Tokopedia menganut budaya startup, dalam artian semua karyawan dipush untuk memberikan gebrakan bagi perusahaan. Tidak ada birokrasi yang berbelit, if you have an idea to make the company better, then go for it. Ekosistem kerja sangat penting karena akan berdampak langsung pada kualitas perusahaan, dengan ekosistem kerja yang baik maka akan mendorong perusahaan menjadi lebih produktif. Tokopedia memiliki cara sendiri untuk membangun ekosistem kerja yang baik, mulai dari menciptakan visi dan misi di tiap divisi. Sebagai contohnya, divisi design memiliki visi untuk menciptakan user interface yang user friendly. Dari situ jelas bahwa divisi design di dorong untuk terus mengimprove user interface Tokopedia agar semakin user friendly. Nakama Movie Day adalah kegiatan nonton bareng dari seluruh tim Tokopedia, yang dilakukan sebulan sekali di hari premiere film (tayang perdana) di JAM KERJA. Ini adalah suatu cara untuk building culture dari Tokopedia yang juga berguna untuk membantu recruitment.
4.     Technology & Natural Resources
Tokopedia awalnya masih dalam status closed BETA dengan sifat invitation only. hanya orang tertentu saja yg bisa memakai, atau orang orang yg di undang oleh pembuat software. Pada Tanggal 17 Agustus 2014 tokopedia telah dibuka untuk public BETA. Platform atau framework yang digunakan Tokopedia adalah Perl, Javascript, XHTML, CSS, PostgreSQL. Komponen-komponen tersebut kami bangun menjadi framework Tokopedia.
Sistem pembayaran transaksi di Tokopedia itu didasarkan pada sistem escrow yang dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia. Dalam hal ini Tokopedia akan menjadi pihak ketiga yang menengahi transaksi antar penjual dan pembeli. Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Tokopedia, maka pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke Tokopedia terlebih dahulu. Jika transfer berhasil, kemudian Tokopedia akan memberi tahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh Tokopedia dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli. Ketika barang tiba di pembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang kepada Tokopedia, dan Tokopedia akan mentransfer uang pembelian kepada penjual.

5.   Company Value Chain
a.    Core Process;
·      Inbound Logistics
      Tokopedia selalu mengontrol dan mengawasi perkembangannya melalui data statistic yang mereka punya dengan memantau progress perusahaan setiap bulan.
·   Operations
Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia melalui Costumer Service

·   Outbond Logistics
Tokopedia kini tidak hanya bisa di aksesmelalui PC atau Laptop namun bisa juga diakses melalui Android dan tersedia dalam BBM Channel


Untuk Cara Menjual Di Tokopedia bisa langsung buka website
Untuk Cara Beli Di Tokopedia bisa langsung buka website

Sumber :


No comments:

Post a Comment