Friday, February 10, 2017

Perusahaan Tokopedia


Tokopedia.com secara resmi dilancarkan ke public pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Tokopedia.com adalah salah satu perusahaan jual beli yang berbasis digital terbesar diIndonesia. PT Tokopedia merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan Internet dengan pertumbuhan yang sangat pesat.Dengan mengusung model bisnis marketplace dan mall online, Tokopedia memungkinkan setiap individu, took kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan sampai akhir 2015 , layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.
Tokopedia memiliki visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Interntet”, Tokopedia mempunyai program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.
Tokopedia memiliki Fitur-Fitur yang dapat di manfaatkan seperti JNE Online Booking(JOB), User Management/Pengaturan Admin, Tokopedia TopAds, Pusat Resolusi Tokopedia, Gold Merchant.

Sistem Marketing Tokopedia:  Tokopedia melakukan pembakuan nama domain dengan format  http://namatoko.tokopedia.com, yang menurun juga ke tautan  produknya menjadi http://namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product.  Dengan pembakuan tersebut toko-toko yang tidak memakai domainnya sendiri akan lebih terasa branding-nya.
Untuk memicu pertumbuhan toko-toko, Tokopedia menerapkan directory toko yang diurutkan berdasarkan volume penjualan. Selain itu diperkenalkan juga featured shop yang akan mendapat spot khusus di halaman depan maupun directory, tapi sayangnya tidak (belum?) ada ketentuan baku mengenai pemilihan featured shop ini. Kemudian Tokopedia juga mengklaim telah mengembangkan SEO mereka sehingga diharapkan halaman-halaman toko maupun produk akan sering muncul dalam hasil pencarian lewat mesin pencari.
Penjual bisa melakukan promosi barang-barang secara bergantian untuk dipajang di halaman 1 Tokopedia. Caranya penjual bisa melakukan Klik tombol Dink It, yang disediakan. Barang yang di-Dink it, akan ditampilkan di halaman 1, selama satu jam. Penjual hanya bisa melakukan Dink it ini untuk satu jenis barang. Proses Dink it bisa dilakukan lagi oleh penjual yang sama setelah 2 jam kemudian. Bisa dengan barang yang sama atau barang yang lain.
Setelah memiliki bintang dalam jumlah tertentu sehingga bisa masuk daftar sebagai Featured Shop, penjual bisa mengikuti event-enent bazar yang digelar Tokopedia secara berkala. Namanya bazar maka barang yang diikutkan dalam bazar tersebut harganya harus didiskon. Barang yang diikutkan dalam bazar akan dipajang di halaman 1 Tokopedia.
Produk-produk yang dipajang di Tokopedia, bisa langsung dilinkkan ke wall Facebook dan Twitter penjual. Caranya sangat gampang.  Tinggal Klik logo Facebook dan Twitter lalu isi sandi masuk dan ijinkan Tokopedia bertaut dengan Facebook atau Twitter, maka secara otomatis produk akan diupload di dinding akun penjual.


Kelebihan PT. Tokopedia
-          Keamanan dan Kenyamanan
Kelebihan pada bagian ini dikarenakan baik penjual atau pembeli sama-sama diuntungkan, calon pembeli tidak langsung transfer ke rekening penjual tapi terlebih dahulu transfer ke rekening Tokopedia
-          Data Transaksi dan Testimoni
Jadi, setiap transaksi akan dicatat oleh Tokopedia , berapa jumlah transaksi suatu toko dan berapa jumlah produk yang sudah dijual.



Kekurangan
-          Ketersediaan Stock
Karena Tokopedia tidak ada sistem booking dan semua jual beli datur oleh sistem, akan sedikit menyulitkan untuk beberapa produk yang stoknya hanya sedikit
-          Akurasi Ongkir
Karena diTokopedia tidak ada sistem booking maka untuk perhitungan berapa banyak jumlah ongkir yang akan dibayar masih sulit untuk ditentukan


Sumber :

No comments:

Post a Comment