Tokopedia.com
secara resmi dilancarkan ke public pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT
Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison
pada 6 Februari 2009. Tokopedia.com adalah salah satu perusahaan jual beli yang
berbasis digital terbesar diIndonesia. PT Tokopedia merupakan salah satu
perusahaan yang menggunakan Internet dengan pertumbuhan yang sangat
pesat.Dengan mengusung model bisnis marketplace dan mall online, Tokopedia
memungkinkan setiap individu, took kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko
online. Sejak diluncurkan sampai akhir 2015 , layanan dasar Tokopedia bisa
digunakan oleh semua orang secara gratis.
Tokopedia memiliki visi untuk “Membangun
Indonesia yang Lebih Baik Lewat Interntet”, Tokopedia mempunyai program untuk
mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan
untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.
Tokopedia memiliki Fitur-Fitur
yang dapat di manfaatkan seperti JNE Online Booking(JOB), User
Management/Pengaturan Admin, Tokopedia TopAds, Pusat Resolusi Tokopedia, Gold
Merchant.

Sistem Marketing Tokopedia: Tokopedia melakukan pembakuan nama domain dengan format http://namatoko.tokopedia.com, yang menurun juga ke tautan produknya menjadi http://namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product. Dengan pembakuan tersebut toko-toko yang tidak memakai domainnya sendiri akan lebih terasa branding-nya.
Untuk memicu pertumbuhan
toko-toko, Tokopedia menerapkan directory toko yang diurutkan berdasarkan
volume penjualan. Selain itu diperkenalkan juga featured shop yang akan
mendapat spot khusus di halaman depan maupun directory, tapi sayangnya tidak
(belum?) ada ketentuan baku mengenai pemilihan featured shop ini. Kemudian
Tokopedia juga mengklaim telah mengembangkan SEO mereka sehingga diharapkan
halaman-halaman toko maupun produk akan sering muncul dalam hasil pencarian
lewat mesin pencari.
Penjual
bisa melakukan promosi barang-barang secara bergantian untuk dipajang di
halaman 1 Tokopedia. Caranya penjual bisa melakukan Klik tombol Dink It,
yang disediakan. Barang yang di-Dink it, akan ditampilkan di halaman 1, selama
satu jam. Penjual hanya bisa melakukan Dink it ini untuk satu jenis barang.
Proses Dink it bisa dilakukan lagi oleh penjual yang sama setelah 2 jam
kemudian. Bisa dengan barang yang sama atau barang yang lain.
Setelah
memiliki bintang dalam jumlah tertentu sehingga bisa masuk daftar sebagai
Featured Shop, penjual bisa mengikuti event-enent bazar yang digelar Tokopedia
secara berkala. Namanya bazar maka barang yang diikutkan dalam bazar tersebut
harganya harus didiskon. Barang yang diikutkan dalam bazar akan dipajang di
halaman 1 Tokopedia.
Produk-produk
yang dipajang di Tokopedia, bisa langsung dilinkkan ke wall Facebook dan
Twitter penjual. Caranya sangat gampang. Tinggal Klik logo Facebook dan
Twitter lalu isi sandi masuk dan ijinkan Tokopedia bertaut dengan Facebook atau
Twitter, maka secara otomatis produk akan diupload di dinding akun penjual.
Kelebihan PT. Tokopedia
-
Keamanan dan Kenyamanan
Kelebihan pada bagian ini dikarenakan baik penjual atau
pembeli sama-sama diuntungkan, calon pembeli tidak langsung transfer ke
rekening penjual tapi terlebih dahulu transfer ke rekening Tokopedia
-
Data Transaksi dan Testimoni
Jadi,
setiap transaksi akan dicatat oleh Tokopedia , berapa jumlah transaksi suatu
toko dan berapa jumlah produk yang sudah dijual.
Kekurangan
-
Ketersediaan Stock
Karena Tokopedia tidak ada sistem booking dan semua jual
beli datur oleh sistem, akan sedikit menyulitkan untuk beberapa produk yang
stoknya hanya sedikit
-
Akurasi Ongkir
Karena
diTokopedia tidak ada sistem booking maka untuk perhitungan berapa banyak
jumlah ongkir yang akan dibayar masih sulit untuk ditentukan
Sumber :
No comments:
Post a Comment